Virus dari chat (obrolan) Facebook

Pernah mendapat pesan seperti ini dari temen facebook anda..??

Pada suatu hari ane pernah pernah mengalaminya. 

temen ane yang suka ngirimin ane pesan "Like ya kak" "Like lagi ya" gak biasanya ngirim link biru di bawah pesan tersebut.
Karna ane lihat di belakang dengan format jpeg, ane pikir itu berupa foto/album.
Ane klik dah, eh, gak taunya malah kedonlod.
Ane masih penasaran gan, karna formatnya jpeg, ane pikir itu gambar. ane klik lagi deh, eh. malah nginstal ke laptop ane.
gak lama kemudian, laptop ane langsung mati, ane idupin lagi. mati lagi. begitu2 trus gan..?? Hedeh
Sialan, ane baru sadar kalo link trsbut adalah jebakan betmen.
ane langsung sms dah temen ane yg ngirimin link tadi, ane marahin dia. eh dia malah jawab ga ngerasa ngirimin link itu. trus siapa dong..??
ternyata itu virus yg auto ngirim sndiri gan.
Yah mau gak mau harus instal ulang tuh lp ane, 30rb deh melayang lg,

Pesan ane...
Hati2 sama virus yang muncul dari obrolan facebook gan, cepat banget nyebarnya.



Virus itu tesebar lewat link/url, jadi kalau misalnya agan klik, virus tadi akan terdownload "menyamar" sebagai file dan secara otomatis tekirim lagi ke SEMUA teman yang online pada saat itu juga. Begitulah seterusnya gak berujung. Sadis kan?

Solusinya, jangan cepat percaya sama link yang di bagikan teman di chat,

Liat ekstensi dari link, misalnya kalau gambar itu ujungnya ".jpg", atau awal yang berdomain "www." itu aman.. (ane gak bahas phishing).
Kalau sudah terlanjur, segera di offline kan chatnya.

Kalo udah terlanjur ke klik, langsung hapus file yg udah kedonlod.
Terus scan kompi pakai AV atau AntiMalware dengan update terbaru..



Solusinya adalah


1. Setting di facebook agan/sis
dengan cara “Accounts” > “Privacy Settings”
Cari “Apps and Websites”
dan click “Edit Your Settings”
Click “Edit settings” dibawahnya “Apps you use”
disini agan/sis bisa melihat beberapa applikasi facebook yang agan/sis pakai
cari sekiranya applikasi yang mencurigakan, atau kalo menurut ane sih
klik aja semua
“Check it” lalu Select “Remove app”

2. Ganti Password


Jika Langkah Pertama diatas belum ampuh, padahal semua aplikasi yang mencurigakan (atau yang ga mencurigakan) juga udah kita apus, tapi tetep aja
ane sarankan untuk mengganti password facebook anda
karena tidak dipungkiri bahwa disaat kita sebelumnya terjebak oleh virus ini, kita seringkali memasuki website-website yang mengharuskan kita me-log-in facebook terlebih dahulu, lalu kemungkinan website tersebut menyimpan password facebook kita guna virus bisa masuk ke dalam chat fb kita


3. Menggunakan Antivirus dengan Fasilitas Web Guard
Disaat option kedua yaitu mengganti password telah dilakukan, mungkin kita tidak akan terkena virus kembali, tetapi pertanyaanya bagaimana jika virus itu kita tidak sengaja klik kembali? atau kita tidak sengaja membuka situs2 betmen?

Ok, sekarang waktunya bukan bertahan kalau begitu, tetapi cara lain adalah kita harus membasminya


ane bakal share antivirus yang FREE tetapi mempunyai fasilitas webguard
salah satunya adalah AVIRA Personal Free + Web Guard
Download Di sini